Senin, 04 Juli 2011

MEMBUAT AKUN GMAIL

Bagi anda yang sedang bingun bagaimana cara membuat akun gmail,berikut langkah-lankahnya :

Tentang Gmail

Ada berbagai macam layanan email gratis di internet. mulai dari yahoo, zoho mail, fastmail, windows live hotmail dsb. Namun diantara sekian ada satu yang kini sangat populer di kalangan para netter, yaitu Gmail. Layanan email gratis dari google ini resmi diluncurkan pada tahun 31 Maret 2004.
Gmail menyediakan kapasitas penyimpanan lebih dari 7 Gigabyte dan terus bertambah setiap tahunnya. Jumlah ini lebih dari jumlah yang disediakan situs lain, Yahoo! dan Hotmail. Hal ini berarti para pengguna dapat menyimpan sampai ribuan surat elektronik. Sampai saat ini, gmail merupakan email dengan kapasitas terbanyak.
Layanan Gmail sangat cepat menarik simpati pengguna internet, terbukti saat ini bersaing ketat dengan Yahoo! mail yang masih mendominasi email service.
Berikut adalah beberapa kelebihan Gmail:
  1. Kapasitas penyimpanan sebesar 7 Gigabyte lebih.
  2. Fasilitas chatting Gtalk. Tak hanya Yahoo! yang bisa punya layanan chatting populer, Google pun kini siap bersaing dengan Gtalk-nya.
  3. Mengaplikasikan teknologi pencarian Google yang memudahkan penggunanya mencari sesuatu dari email mereka.
  4. Dapat mengirimkan attachment (lampiran) sampai 20 MB per email.
  5. User interface yang simple dan ringan. Cocok untuk anda yang memiliki koneksi internet yang lambat.
  6. Fitur penyortiran email dalam bentuk “Conversation view“. Dengan begini email yang diterima akan diurutkan dalam bentuk percakapan, sehingga semua balasan dan topik tidak terpisah-pisah. Hal ini bisa membuat pengguna mudah untuk melihat email yang mereka dapat. Gmail kadang salah mengira email mana yang harus dikelompokkan bersama-sama, namun hal ini sudah jarang terjadi.
  7. Fasilitas label dan tagging. Sebuah email dapat mempunyai lebih dari satu label. Fitur ini berguna untuk menyortir email sesuai dengan label yang diberikanya, Google juga dapat memberikan label secara otomatis dengan sebuah filter.
  8. Teknologi Push e-mail juga diterapkam Gmail pada perangkat iPhone dan Windows Mobile, sedangkan pada perangkat Telepon pintar (smartphone) lainnya kemampuan teknologi Push e-mail dari Gmail ini bervariasi tergantung dari aplikasi yang bisa dipasang pada Telepon pintar dari berbagai merk dan jenis.
  9. Tahan Spam. Dengan proteksi yang canggih gmail mampu memerangi berbagai spam yang ada di internet sehingga mailbox anda lebih bersih dari kiriman email berbau promosi.
 

Membuat Akun Gmail

Untuk membuat akun gmail silakan ikut langkah-langkah berikut ini:
1. Buka link mail.google.com
2. Kemudian pilih menu “create an account”. Akan muncul formulir pendaftaran, silakan lengkapi data diri anda.
  • First name: nama depan anda
  • Last name: nama belakang anda
  • Desired Login Name: nama / alamat email yang anda inginkan. misalnya lindacute, berondongmaniz33, nasigoreng, bisnisonline, bisnisptc, dll. pastikan setelah mengetik nama yang diinginkan anda klik “check availability“. ini untuk menngecek apakah nama ini sudah / belum dipergunakan orang sebelumnya. jika available anda bisa mengisi data berikutnya. Jika belum anda harus menggani alamat gmail anda terlebih dahulu.
  • Choose a password: tentukan password
  • Re-enter password: ketik kembali password anda
  • Security question: pilih pertanyaan yang hanya anda sendiri tau jawabannya.
  • Answer: jawab pertanyaan tersebut
  • Word Verification: masukkan kode verifikasi / captcha.
  • Kemudian klik “I accept. Create my Account”
3. Kemudian akan muncul halaman verifikasi. Ada 2 pilihan untuk verifikasi, yaitu dengan voice call (panggilan telepon) dan dengan text message (SMS). Untuk lebih simpel saya sarankan pakai sms. Pilih “text message“, kemudian pilih country, kemudian masukkan nomor ponsel anda.
4. Akan muncul kotak verifikasi. Kode verifikasi akan dikirimkan melalui ponsel anda, Silakan cek inbox sms anda. Setelah mendapatkan kode verifikasi, masukkan di dalam verification box tadi. Jika berhasil berarti akun gmail anda sudah divalidasi dan anda bisa mulai menggunakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar